Minggu, 01 Mei 2016

✿ Bakso Gulung Mocaf, Bakso Lonjong Berbahan Tepung Singkong dari Jember.


[Tempat Kuliner ‘Bakso’ di Indonesia]
Bakso Gulung Mocaf, Bakso Lonjong Berbahan Tepung Singkong dari Jember.

Makanan yang satu ini sudah cukup akrab di lidah masyarakat Indonesia. Bentuknya bulat, rasanya gurih. Dan yang penting, sensasi daging giling yang bercampur adonan tepung terigu dan bumbu-bumbu lainnya, begitu memanjakan setiap penikmat kuliner ini. Ya, tepat sekali! Bakso namanya.

Nah, bagaimana jika bahan dasarnya bukanlah tepung terigu, melainkan tepung ketela pohon dengan daging? Apalagi jika bentuknya tidak bulat, tetapi lonjong? Pasti sensasinya akan berbeda.


Seperti bakso gulung daging milik Pak Bagio, yang terletak di Jalan Raya Gumukmas, Jember, tepatnya di Desa Krebet, Kecamatan Gumukmas. Selain bentuknya yang unik, bahan dasar pembuatannya ternyata berasal dari tepung ketela pohon atau biasa disebut Mocaf. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp 7 ribu perporsi. Murah kan?
Uniknya, jika biasanya bakso itu berbentuk bulat seperti telor, nah bakso gulung ini bentuknya panjang dan unik. Panjangnya sekitar 20 centimeter dengan lebar berkisar 5 centimeter.

Kontan, bakso ini menjadi incaran berbagai kalangan. Selain harganya yang dinilai  murah meriah, pelanggan juga merasakan sensasi kelembutan tepung yang berbalut daging sapi asli, yang terasa melumer di lidah.


“Saya hampir setiap minggu sekali datang kesini. Karena rasanya berbeda dengan bakso di tempat lain. Daging baksonya itu empuk dan terasa lembut dimulut,” ujar Enik, salah seorang pelanggan di warung tersebut.

Di kedai yang diberi nama Bakso Gulung Kehati tersebut juga menyediakan Free Wifi, yang otomatis menjadi daya tarik tersendiri. Khususnya, generasi muda yang ingin berlama-lama nongkrong. “Selain rasanya yang enak, tempatnya juga asyik untuk nongkrong,” Sambung Enik.


Nur Asri Anggraini, sang penjaga kedai bakso gulung tersebut mengaku, jika pelanggan baksonya berasal dari berbagai kalangan dan berbagai usia. Tak hanya bakso, di kedai yang dia kelola juga menyediakan minuman kesehatan seperti teh rossela, jus daun sirsak dan kulit manggis. “Kedai Bakso Kehati ini buka mulai Jam 9 pagi dan tutup sekitar jam 9 malam,” katanya. 


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.


“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)
 
;