Minggu, 01 Mei 2016

✿ ‘Bakso dan Es Kencur Pak Mun’, Terminal Tulungagung.



[Tempat Kuliner Bakso di Indonesia]
Bakso dan Es Kencur Pak Mun’, Terminal Tulungagung.

Semangkuk bakso itu sudah biasa, tapi semangkuk bakso Pak Mun ini luar biasa.
Penampilannya sih biasa-biasa saja, tapi rasanya itu lho yang luar biasa.

‘Bakso dan Soto’ Pak Mun ini terletak di depan Stasiun Kereta Api Tulungagung agak ke selatan. Karena jalannya satu arah, harus lewat jalan sebelah timur dealer Cahya Yamaha, kemudian belok ke utara. Hati-hati jangan ngebut, karena lokasinya di sebelah barat jalan kurang lebih 100 meter dari pertigaan.

Bakso ini sudah "mengudara" sejak saya SMA, tahun 1986-1989. Bayangkan! Sudah 29 tahun! Bisa jadi lebih ya, karena saya tidak tahu Pak Mun ini mulai membuka usahanya sejak kapan. Penampilan tempatnya sederhana, dan sampai sekarang pun tidak ada yang berubah, mulai dari bangkunya, mangkuknya, sendoknya, sama sekali tidak ada yang diubah. Warung ini selalu ramai, tidak pernah sepi dari pelanggan. Menu utama yang disajikan adalah ‘bakso dan soto’.


Seingat saya dulu pak Mun pernah membuka beberapa cabang, tapi tidak seramai pusatnya. Dan akhirnya, sekarang ya hanya ada satu, di depan Stasiun ini.

Semangkuk bakso, soto ayam dan soto daging dibandrol Rp. 10.000,-. Kalau baksonya nambah lontong jadi Rp. 11.000,- saja. Tahu nggak? Dulu tahun 1990-an harganya semangkuknya Rp. 3000,- lho. Kemudian Rp. 5.000,- , dan sempat juga dibandrol Rp. 8.000,-.

Minuman yang disajikan juga banyak pilihan, ada es campur, es buah, es teh, cappucino, dll. Namun yang membuat saya suka kesini adalah ‘es beras kencur’. Tidak ada es beras kencur di Tulungagung yang enaknya menyaingi di tempat Pak Mun ini. Padahal mungkin di warung lain juga ada menu es kencur. Semangkuk bakso, soto ayam dan soto daging dibandrol Rp. 10.000,-. Kalau baksonya nambah lontong jadi Rp. 11.000,- saja. 
Tahu nggak? Dulu tahun 1990-an harganya semangkuknya Rp. 3000,- lho. Kemudian Rp. 5.000,- , dan sempat juga dibandrol Rp. 8.000,-.


Minuman yang disajikan juga banyak pilihan, ada es campur, es buah, es teh, cappucino, dll. Namun yang membuat saya suka kesini adalah ‘es beras kencur’. Tidak ada es beras kencur di Tulungagung yang enaknya menyaingi di tempat Pak Mun ini. Padahal mungkin di warung lain juga ada menu es kencur.



Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.


“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)
 
;